Minggu, 13 Mei 2012

Wawancara Petugas Kereta Api (KA)



Profil Narasumber

Nama                   : Guntur
Umur                    : 21 tahun
Alamat                  : Lebak Timur 3E no. 10
Temp./tgl. Lahir   :
Agama                 : Islam
Pekerjaan            :Penjaga Pintu Perlintasan Ngaglik
Jabatan                : PKM (Pekerja Marka)
Lama Bekerja      : 1 Bulan
Hobi                      : Bermain Sepak Bola



Nama                   : Nawi
Umur                    : tahun
Alamat                  : Tenggumung Karya 2 no. 39
Temp./tgl. Lahir   :
Agama                 : Islam
Pekerjaan            :Penjaga Pintu Perlintasan Ngaglik
Jabatan                : PKM (Pekerja Marka)
Lama Bekerja      : 27 tahun
Hobi                      :








               Setiap harinya kira-kira ada berapa kereta yang melintas di rel Kereta Api Ngaglik ini?
               Setiap harinya kurang lebih ada sekitar 70 kereta yang melintas.
               Wah, ternyata lumayan banyak juga. Kira-kira berapa selang waktu antara kereta satu dengan kereta selanjutnya?
Selang waktu antara kereta satu dengan kereta selanjutnya sekitar 10-15 menit.
Apa tanda-tanda dan apa yang akan bapak lakukan jika kereta api akan melintasi pintu palang perlintasan Ngaglik ini?
Tanda-tanda saat kereta akan datang yaitu ada bunyi genta (lonceng), kemudian ada telepon dari……………………… kalau kereta akan melintasi daerah ngaglik, kemudian saya mengoperasikan mesin elektrik yang fungsinya untuk menutup pintu palang perlintasan.
Berapa waktu yang dibutuhkan untuk menutup pintu palang perlintasan sampai kereta lewat?
Biasanya kurang lebih 3 menit, paling lama 5 menit. Padahal waktu yang diperlukan untuk mendahulukan lewatnya kereta tidak terlalu lama, tapi pengendara bermotor sering sekali menerobos pintu palang perlintasan.
Apa yang Bapak lakukan ketika ada pejalan kaki atau pengendara bermotor yang menerobos pintu palang perlintasan Kereta Api?
Jika ada pejalan kaki atau pengendara bermotor yang menerobos pintu palang perlintasan saya akan memperingatkannya dengan membunyikan peluit.
Siapa yang bertanggungjawab jika ada kecelakaan di area rel Kereta Api antara Kereta Api dengan pengendara bermotor atau orang sekitar?
Yang bertanggung jawab jika ada kecelakaan yaitu petugas penjaga Kereta Api. Kemudian petugas tersebut di bawa ke kantor polisi untuk dimintai keterangan.
Kalau petugas tersebut tidak bersalah apa masih bisa menjadi petugas penjaga Kereta Api lagi?
Jika petugas penjaga Kereta Api tersebut tidak bersalah, dia bisa melanjutkan tugasnya kembali, asal permasalahan tersebut sudah selesai.
Sesering apa kacelakaan terjadi antara kereta Api dengan kendaraan bermotor disekitar Ngaglik?
Alhamdulillah disini sangat jarang sekali terjadi kecelakaan, karena petugasnya selalu aktif dan tidak teledor.
Motif kecelakaan seperti apa yang sering terjadi disini?
Biasanya para pengendara bermotor yang menerobos pintu palang perlintasan. Setiap hari pengendara bermotor selalu ada yang menerobos pintu palang perlintasan Kereta Api. Saya dan petugas yang lain kadang merasa jengkel karena jika ada kecelakaan petugas juga ikut bertanggung jawab. Anak-anak sekolah juga sering menerobos pintu palang perlintasan Kereta Api dengan membuka pintu dan melemparkan pintu palang perlintasan tersebut ke atas seperti sedang angkat barbell, entah karena merekan ingin pamer atau bagaimana.
Setiap hari, bagaimana sistem keamanan di sekitar rel Kereta Api Ngaglik ini?
Sistem keamanan sangat baik, jadi tidak ada masalah. Tapi waktu hujan palang pintu perlintasan tidak bisa ditutup karena konslet. Jadi petugas harus menjaga (menstop) lansung dengan hujan-hujanan.
Setiap hari berapa jam bapak menjaga pos ini?
Setiap hari ada 3 pergantian, jadi saya berjaga disini kurang lebih 8 jam.
Apa sich, perbedaaan menjaga pintu palang perlintasan Kereta Api pada malam hari dengan siang hari?
Pada malam hari pada pukul 23.00-04.00, ketera yang melintas sudah jarang. Tetapi kalau siang hari banyak kereta yang melintas.
Sebagai seorang muslim Bapak mempunyai kewajiban untuk beribadah (sholat). Akankah Bapak meninggalkan kewajiban tersebut dengan tetap menjaga atau menjalankannya sebagai orang yang beriman?
Meskipun saya bekerja saya tidak meninggalkan kewajiban saya untuk sholat. Saya sholat dengan bergantian, sewaktu saya sholat teman saya menjaga dan sebaliknya.
Bagaimana aktivitas kereta menjelang hari-hari besar seperti lebaran? Meningkat, tetap, atau bahkan menurun?
Aktivitas kereta meningkat, tetapi tidak menambah jadwal pemberangkatan kereta.
Kalau tidak menambah jadwal pemberangkatan kereta, apa yang perlu di tambah seiring dengan meningkatnya aktivitas kereta?
Yang perlu di tambah yaitu gerbong kereta. Jika biasanya hanya 5 gerbong, mungkin waktu lebaran nanti bisa 7-8 gerbong kereta. Tetapi itu tergantung kebutuhan.
Pada hari-hari besar seperti lebaran pasti banyak orang yang menggunakan fasilitas kereta Api untuk mudik. Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan yang sering terjadi yaitu karena rel kereta api yang putus. Untuk mengurangi atau menghindari terjadinya kecekakaan diadakan pembenahan rel kereta api. Sesering apa rel kereta api di sekitar Ngaglik ini diperbaiki?
Mulai dari tahun 1975 s/d sekarang, rel kereta api di sekitar Ngaglik tidak pernah diperbaiki sama sekali.
Pada lebaran nanti pasti banyak orang yang mudik ke kampung halamannya untuk bertemu sanak saudara. Apakah pada saat lebaran nanti Bapak mudik atau tetap bertugas menjaga pintu palang perlintasan Kereta Api?
Saya tidak pernah mudik karena tidak pernah libur. Saya libur satu minggu hanya sekali, dan stiap libur hari besar saya tidak pernah libur. Kalau saya libur, siapa yang menggantikan? Ini sudah menjadi resiko saya sebgai panjaga palang pintu perlintasan kereta api.
Maaf permisi, pak… Dengan penghasilan sebagai petugas penjaga pintu palang perlintasan Kereta Api, cukup tidak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari?
Penghasilan saya sebagai penjaga pintu palang perlintasan Alhamdulillah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kalau tidak cukup ya harus dicukup-cukupkan, karena upah itu sudah menjadi keputusan pemerintah.
Menurut Bapak pekerjaan ini berat atau tidak?
Kelihatannya pekerjaan ini mudah, tetapi sebenarnya sangat berat. Memang banyak orang menyepelekan tugas saya tapi ketika orang tersebut menjalankannya pasti berat, karena sebenarnya memang pekerjaan tersebut sangat berat. Misalnya dalam keluarga ada masalah, saya tidak bisa berbuat banyak, saya harus lebih mementingkan pekerjaan saya karena pekerjaan saya tanggung jawabnya sangat berat yaitu menyelamatkan banyak orang.
Apa suka dan dukanya selama menjadi petugas penjaga pintu palang perlintasn Kereta Api?
Sukanya karena setiap bulan dapat upah, pekerjaan ini santai tetapi mulia karena seperti yang sudah saya katakana, pekerjaan saya menyelamatkan banyak orang. Dukanya saya jarang bertemu dengan keluarga, sering ada rasa jengkel pada pengendara bermotor karena menerobos pintu palang perlintasan dan kalau sedang hujan pintu palang perlintasan konslet, jadi petugas harus langsung menghalangi pengendara bertotor tanpa palang perlintasan untuk mendahulukan lewatnya kereta api sambil kehujanan. Kadang juga ada pengendara bermotor yang malah menabrak saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar