Profil Narasumber
Nama :
Guntur
Umur :
21 tahun
Alamat :
Lebak Timur 3E no. 10
Temp./tgl. Lahir :
Agama :
Islam
Pekerjaan :Penjaga Pintu Perlintasan Ngaglik
Jabatan : PKM (Pekerja Marka)
Lama Bekerja : 1 Bulan
Hobi :
Bermain Sepak Bola
Nama :
Nawi
Umur :
tahun
Alamat :
Tenggumung Karya 2 no. 39
Temp./tgl. Lahir :
Agama :
Islam
Pekerjaan :Penjaga Pintu Perlintasan Ngaglik
Jabatan : PKM (Pekerja Marka)
Lama Bekerja : 27 tahun
Hobi :
Setiap harinya kira-kira ada
berapa kereta yang melintas di rel Kereta Api Ngaglik ini?
Setiap
harinya kurang lebih ada sekitar 70 kereta yang melintas.
Wah, ternyata lumayan banyak juga. Kira-kira
berapa selang waktu antara kereta satu dengan kereta selanjutnya?
Selang
waktu antara kereta satu dengan kereta selanjutnya sekitar 10-15 menit.
Apa tanda-tanda dan apa yang akan
bapak lakukan jika kereta api akan melintasi pintu palang perlintasan Ngaglik
ini?
Tanda-tanda
saat kereta akan datang yaitu ada bunyi genta (lonceng), kemudian ada telepon
dari……………………… kalau kereta akan melintasi daerah ngaglik, kemudian saya
mengoperasikan mesin elektrik yang fungsinya untuk menutup pintu palang
perlintasan.
Berapa waktu yang dibutuhkan untuk
menutup pintu palang perlintasan sampai kereta lewat?
Biasanya
kurang lebih 3 menit, paling lama 5 menit. Padahal waktu yang diperlukan untuk
mendahulukan lewatnya kereta tidak terlalu lama, tapi pengendara bermotor
sering sekali menerobos pintu palang perlintasan.
Apa yang Bapak lakukan ketika ada
pejalan kaki atau pengendara bermotor yang menerobos pintu palang perlintasan
Kereta Api?
Jika
ada pejalan kaki atau pengendara bermotor yang menerobos pintu palang
perlintasan saya akan memperingatkannya dengan membunyikan peluit.
Siapa yang bertanggungjawab jika ada
kecelakaan di area rel Kereta Api antara Kereta Api dengan pengendara bermotor
atau orang sekitar?
Yang
bertanggung jawab jika ada kecelakaan yaitu petugas penjaga Kereta Api.
Kemudian petugas tersebut di bawa ke kantor polisi untuk dimintai keterangan.
Kalau petugas tersebut tidak bersalah
apa masih bisa menjadi petugas penjaga Kereta Api lagi?
Jika
petugas penjaga Kereta Api tersebut tidak bersalah, dia bisa melanjutkan
tugasnya kembali, asal permasalahan tersebut sudah selesai.
Sesering apa kacelakaan terjadi antara
kereta Api dengan kendaraan bermotor disekitar Ngaglik?
Alhamdulillah
disini sangat jarang sekali terjadi kecelakaan, karena petugasnya selalu aktif
dan tidak teledor.
Motif kecelakaan seperti apa yang
sering terjadi disini?
Biasanya
para pengendara bermotor yang menerobos pintu palang perlintasan. Setiap hari
pengendara bermotor selalu ada yang menerobos pintu palang perlintasan Kereta
Api. Saya dan petugas yang lain kadang merasa jengkel karena jika ada
kecelakaan petugas juga ikut bertanggung jawab. Anak-anak sekolah juga sering
menerobos pintu palang perlintasan Kereta Api dengan membuka pintu dan
melemparkan pintu palang perlintasan tersebut ke atas seperti sedang angkat
barbell, entah karena merekan ingin pamer atau bagaimana.
Setiap hari, bagaimana sistem keamanan
di sekitar rel Kereta Api Ngaglik ini?
Sistem
keamanan sangat baik, jadi tidak ada masalah. Tapi waktu hujan palang pintu
perlintasan tidak bisa ditutup karena konslet. Jadi petugas harus menjaga
(menstop) lansung dengan hujan-hujanan.
Setiap hari berapa jam bapak menjaga
pos ini?
Setiap
hari ada 3 pergantian, jadi saya berjaga disini kurang lebih 8 jam.
Apa sich, perbedaaan menjaga pintu
palang perlintasan Kereta Api pada malam hari dengan siang hari?
Pada
malam hari pada pukul 23.00-04.00, ketera yang melintas sudah jarang. Tetapi
kalau siang hari banyak kereta yang melintas.
Sebagai seorang muslim Bapak mempunyai
kewajiban untuk beribadah (sholat). Akankah Bapak meninggalkan kewajiban
tersebut dengan tetap menjaga atau menjalankannya sebagai orang yang beriman?
Meskipun
saya bekerja saya tidak meninggalkan kewajiban saya untuk sholat. Saya sholat
dengan bergantian, sewaktu saya sholat teman saya menjaga dan sebaliknya.
Bagaimana aktivitas kereta menjelang
hari-hari besar seperti lebaran? Meningkat, tetap, atau bahkan menurun?
Aktivitas
kereta meningkat, tetapi tidak menambah jadwal pemberangkatan kereta.
Kalau tidak menambah jadwal
pemberangkatan kereta, apa yang perlu di tambah seiring dengan meningkatnya
aktivitas kereta?
Yang
perlu di tambah yaitu gerbong kereta. Jika biasanya hanya 5 gerbong, mungkin
waktu lebaran nanti bisa 7-8 gerbong kereta. Tetapi itu tergantung kebutuhan.
Pada hari-hari besar seperti lebaran
pasti banyak orang yang menggunakan fasilitas kereta Api untuk mudik. Salah
satu penyebab terjadinya kecelakaan yang sering terjadi yaitu karena rel kereta
api yang putus. Untuk mengurangi atau menghindari terjadinya kecekakaan
diadakan pembenahan rel kereta api. Sesering apa rel kereta api di sekitar
Ngaglik ini diperbaiki?
Mulai
dari tahun 1975 s/d sekarang, rel kereta api di sekitar Ngaglik tidak pernah
diperbaiki sama sekali.
Pada lebaran nanti pasti banyak orang
yang mudik ke kampung halamannya untuk bertemu sanak saudara. Apakah pada saat
lebaran nanti Bapak mudik atau tetap bertugas menjaga pintu palang perlintasan
Kereta Api?
Saya
tidak pernah mudik karena tidak pernah libur. Saya libur satu minggu hanya
sekali, dan stiap libur hari besar saya tidak pernah libur. Kalau saya libur,
siapa yang menggantikan? Ini sudah menjadi resiko saya sebgai panjaga palang
pintu perlintasan kereta api.
Maaf permisi, pak… Dengan penghasilan
sebagai petugas penjaga pintu palang perlintasan Kereta Api, cukup tidak untuk
memenuhi kebutuhan sehari-hari?
Penghasilan
saya sebagai penjaga pintu palang perlintasan Alhamdulillah cukup untuk
memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kalau tidak cukup ya harus dicukup-cukupkan,
karena upah itu sudah menjadi keputusan pemerintah.
Menurut Bapak pekerjaan ini berat atau
tidak?
Kelihatannya
pekerjaan ini mudah, tetapi sebenarnya sangat berat. Memang banyak orang
menyepelekan tugas saya tapi ketika orang tersebut menjalankannya pasti berat,
karena sebenarnya memang pekerjaan tersebut sangat berat. Misalnya dalam
keluarga ada masalah, saya tidak bisa berbuat banyak, saya harus lebih
mementingkan pekerjaan saya karena pekerjaan saya tanggung jawabnya sangat
berat yaitu menyelamatkan banyak orang.
Apa suka dan dukanya selama menjadi
petugas penjaga pintu palang perlintasn Kereta Api?
Sukanya
karena setiap bulan dapat upah, pekerjaan ini santai tetapi mulia karena
seperti yang sudah saya katakana, pekerjaan saya menyelamatkan banyak orang.
Dukanya saya jarang bertemu dengan keluarga, sering ada rasa jengkel pada
pengendara bermotor karena menerobos pintu palang perlintasan dan kalau sedang
hujan pintu palang perlintasan konslet, jadi petugas harus langsung menghalangi
pengendara bertotor tanpa palang perlintasan untuk mendahulukan lewatnya kereta
api sambil kehujanan. Kadang juga ada pengendara bermotor yang malah menabrak saya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar